Posted by: nlavia | December 19, 2012

Honda CB150R: First Ride 1

Aku mencoba memutar gasnya, penuh, sampai 11500rpm kondisi diam di pantai parangtritis. Raungannya mengerikan hingga tersendat karena  tertahan limiter. CB150R menurut AHM sendiri didesain untuk anak muda umur 18-25, mid level, pelajar pastinya. Banyak hal yang kuperhatikan berbeda kalau dilihat dari kelas ccnya, mesin dohc basis CBR, rangka tralis yang disebut truss frame seperti ducati, tangki mirip megapro, buntut vixion dan spedometer seperti satria fu

DSC09927

Banyak yang berubah ternyata, kesan racy dari new CBR 150 hilang sudah di CB 150 R ini posisi duduk nyaman, setang yang lebar, jok yang panjang melandai. Menjadikan kesan pertama, mungkin ini motor enak diduduki berjam jam di jalan- benarkah? Aku juga belum percaya.

Honda- lebih tepatnya AHM mengaku membuat garis desain CB ini meniru Moge yang sudah ada CBR 1000 seingatku. Banyak update yang dilakukan AHM diluar kebiasaannya seperti yang paling kentara dilihat mata adalah mesin DOHC yang mengambil basis dari CBR, sasis yang mirip punya ducati dan suspensi prolinknya. Masing masing memiliki nilai tambah tersendiri . DOHC terkenal kencang, sasis tralis terkenal mewah dan prolink yang terkenal nyaman sekali lagi benarkah? Selanjutnya akan kucoba buktikan

Rencana mengambil jalur parangtritis menuju jogja lewat wonosari start dengan spedometer menunjukkan angka 113km, tak lupa membuka tutup tangki dan membauinya- hmmn premium ( disini IWB juga gak mau ketinggalan ngicipi wangi premium hehehehe). Putar kunci kontak idle di 1500, lalu begawan Danan Gora memamcing dengan mbleyer- ikutan aaah, 2 detik gas pol mentok di 11500 rpm, lagi, lagi, hingga 3 kali nampaknya jika dipaksakan menyentuh 12000 hanya karena getaran. Suara idle mesin halus padahal baru saja meraung raung. Hmnn- suara injeksi malu malu nih- tapi aku denger koq. Hei, ini indikator suhu koq masih di 3 bar- naek dong… nanti saja aku paksa kau naik nanti.. berbeda dengan New Megapro- suaranya sangat kalem, bahkan tidak ngebas sama sekali. Masuk akal karena knalpotnya yang kecil.

Matikan kunci kontak, turun lagi dari motor, melihat dan meyakinkan diri apa ada yang tidak beres dari ini motor. Ternyata ada hal yang lucu, benar, ini motor bannya koq kecil ya, ah nanti saja, pasti sudah dihitung insinyurnya. Mulailah perjalanan dimulai

ilustrasi- mz Amama Ali yang ikut ngetes- ambil dari fb beliau

Baru satu kilometer pertama sudah dihadang oleh tanjakan tanjakan maut nan cilukba.

Sesuai saran pak Sarwono Edi – aku menambah gear di kisaran 7000-8000rpm, naiknya cepat sekali. Kadang ketika naik aku dikejutkan dengan rpm yang tiba2 sudah bercokol di 10.000an. oke, tanjakan pertama, kedua, ketiga mudah dilahap, hei bagaimana kalau memakai gear tinggi di tanjakan, begitu turunan aku siapkan gear 3 dan begitu menanjak lagi aku cepat masukkan ke gear 4 dan gear 5 lalu gear… hei- mentok dan aku slip kopling, gas meraung tapi motor serasa tidak bertenaga sama sekali , turunkan lagi ke 4 baru mau jalan dengan memaksa…. Hmmmn, turun lagi ke 2 deeh, dasar maksa ya- tau naik malah pake gear tinggi hahahaha.

Diperjalanan awal yang naik turun dohcnya tidak begitu terasa, akan tetapi ketika memasuki sepertiga perjalanan yang mulai banyak jalan lurus, hmmn, oper gigi di 8000rpm dan melesatlah si cb ini, rata rata 90 sampai 110 didapatkan di jalan sempit nan berkelok khas gunung kidul, bisa seperti itu karena sepertinya ditunjang oleh sasis dan suspensinya, terasa stabil dan mantab diarahkan seperti kemauanku.

Ketemu jalan lurus panjang n agak datar, mo nyicip gas pol aaah, egh,  ada gerombolan anak muda nih, sekitar 10an anak usia SMP. Berenti aaaah….

bersambung…

 

http://nlavia.wordpress.com/2012/12/19/honda-cb150r-first-ride-2-end/

About these ads

Responses

  1. Wogh, setelah sekian lama wara-wiri di blog R2, br disini yg bahasanya gokil n gaul abiz.. mantaf mas :-)

    • nuwun nuwun nuwun


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 70 other followers

%d bloggers like this: